Rencana pembangunan pelabuhan internasional di Papua Barat

2017-10-09 00:00:00

Kementerian Perhubungan rencananya akan membangun pelabuhan internasional di wilayah Distrik Seget Kabupaten Sorong, Papua Barat.


Kementerian Perhubungan rencananya akan membangun pelabuhan internasional di wilayah Distrik Seget Kabupaten Sorong, Papua Barat. seperti yang disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari. Menurutnya pelabuhan itu dibangun untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah Sorong Raya.


Dia menyebutkan, Seget akan menjadi lalu lintas ekspor barang dari Papua Barat ke luar negeri. Pemerintah Papua Barat pun mendukung pembangunan tersebut.

Menurutnya, masyarakat telah menyiapkan lahan yang dibutuhkan dalam pembangunan itu. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sorong juga berkomitmen dalam pembangunan ini.

Pada pertemuan yang juga dihadiri PT Pelindo IV dan Bupati Sorong itu, Menteri Perhubungan kata gubernur, meminta agar pemerintah daerah mengumpulkan seluruh pelaku bisnis di wilayah Papua Barat. Pemerintah ingin daerah benar-benar siap menyambut program tersebut, termasuk pelaku usaha.

Gubernur menambahkan, KEK menjadi bagian program nasional yang dicanangkan di wilayah Sorong. Pemerintah ingin kehadiran pelabuhan internasional dapat mempermudah akses pengiriman barang dari daerah tersebut ke luar negeri.