Aceh menjadi tuan rumah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam

2017-10-04 00:00:00

Provinsi Aceh menjadi tuan rumah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) VIII tingkat nasional tahun 2017


Provinsi Aceh menjadi tuan rumah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) VIII tingkat nasional tahun 2017,seperti yang disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. Yang bertujuan mempromosikan kepada siswa sekolah umum tingkat dasar dan menengah bahwa agama dapat menjadi sarana menghargai keberagaman karena Indonesia merupakan negara yang paling beragam di dunia.

Pentas PAI tersebut akan diikuti siswa-siswi sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menegah atas dan sekolah menengah kejuruan perwakilan provinsi dari seluruh Indonesia.

Menurut Dirjen Pendis, dua hal yaitu keberagaman dan keberagamaan ini perlu didorong dapat harmonis sejajar sehingga saling melengkapi. Maka dari itu, kompetisi keterampilan dan seni PAI tingkat nasional menjadi salah satu instrumen agar nilai harmonis dari keberagaman dan keberagamaan dapat tersebar ke berbagai kalangan.

Direktur PAI Ditjen Pendis Kemenag Imam Syafei mengatakan kompetisi Pentas PAI dirancang untuk menginternalisasi siswa-siswi sekolah umum tentang pentingnya pemahaman agama yang saling menghargai, tolong menolong dan lainnya.

"Melalui beberapa lomba di Pentas PAI, pemahaman agama sebagai rahmat untuk alam semesta itu diterapkan melalui muatan-muatan materi perlombaan," kata dia.

Pentas PAI sendiri rencananya akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kompetisi mempertandingkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqah Hifzhul Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Nasyid, Lomba Debat PAI dan Lomba Kreasi Busana.